Sabtu, 13 Maret 2010

Instalasi Printer Canon Pixma IP1980 di Ubuntu 9.10




Ceritanya baru beli printer baru yaitu Canon Pixma IP1980 untuk menggantikan printer lama yang rusak, Rencananya sih sebelumnya ingin membeli merk HP karena biasanya drivernya sudah langsung terdeteksi otomatis di Ubuntu.

Eh ternyata drivernya lom ada di Ubuntu walaupun Ubuntu 9.10 sudah mengenali tipe jenis printernya. Langsung deh hunting cara instalasi drivernya di google dari rumah, tentunya dengan koneksi 3.5G IndosatM2 yang saat ini sangat memuaskan :) (sekalian promosi nih).

Ternyata sudah banyak yang membuat tutorialnya.. wah jadi enak nih :). Tetapi ternyata tutorial yang banyak tersebar itu masih untuk Ubuntu 9.04 dimana libcupsys2 nya masih dapat di install melalui synaptic. Sementara itu mulai Ubuntu 9.10 libcupsys2 sudah menjadi satu dalam libcups2 namun drivernya tetap membutuhkan libcupsys2 secara terpisah.., terpaksa deh cari manual libcupsys2 nya.

OK kita mulai saja cara instalasinya :

1. Download driver printernya dulu di : http://software.canon-europe.com/products/0010647.asp

2. Download libcupsys2 di folder yang sama dengan driver diatas. Downloadnya di : http://security.ubuntu.com/ubuntu/pool/universe/c/cups/libcupsys2_1.3.9-17ubuntu3.7_all.deb

3. Extract file downlaod river tadi :
$ sudo tar -xvzf iP1900_debian_printer.tar

4. Install file ber-extension .deb dari libcupsys2 :
$ sudo dpkg -i *.deb

5. Install file driver .deb di folder hasil extract tadi :
$ sudo dpkg -i *.deb

6. Hidupkan printer dan tancapkan kabel USB nya ke komputer/laptop Ubuntu. Biarkan Ubuntu bekerja secara otomatis dalam menginstalasi drivernya.

7. Selesai. Mudah-mudahan bermanfaat buat teman semua :)

Referensi : http://ubuntuforums.org/archive/index.php/t-980735.html


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 40017