Selasa, 23 Desember 2008

Firewall untuk Ubuntu (Firestarter)



Apasih itu firewall....??, mungkin ada yang belum tahu apa yang dinamakan firewall dan apa fungsinya. Oke disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai pemhahasan firewall tersebut. Tetapi hanya sedikit membahas mengenai firewall yang saya gunakan untuk Linux Ubuntu saya. Yah.. seperti biasanya hanya sharing :)

Firewall dalam pengertiannya kurang lebih sebagai berikut :

"Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan korporat di dalamnya, maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, menjadi esensial."

Ya jadi fungsinya adalah untuk melindungi sistem ataupun jaringan kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk lebih jelasnya mengenai firewall silahkan lihat disini




Di Linux sendiri banyak firewall yang dapat digunakan, tapi pilihan saya adalah "Firestarter", kenapa?? karena firestarter ini sudah memiliki tampilan GUI dan cukup lengkap featurenya serta mudah dalam penggunaannya.

Berikut contoh tampilan interfacenya :



Disitu terlihat interface apa saja yang sedang aktif dan berapa besar trafficnya.




Diatas terlihat log attacking atau serangan yang ada ke sistem kita.




Konfigurasinya juga cukup mudah dan cukup lengkap featurenya.


Untuk instalasinya sangat mudah, dari terminal tinggal ketik :

$ sudo apt-get install firestarter

Bisa juga dari GUI nya dengan mengunakan Synaptic.

Untuk lebih lengkap manual atau pembahasan mengenai Firestarter silahkan langsung ke sitenya disini.


OK, selamat mencoba dan amankan ubuntu anda sekarang :).


Just Share,

Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: