Minggu, 14 Juni 2009

Membuat Rangkaian Elektronika di Linux




Ya, mungkin sudah agak lama saya tidak mengisi blog saya ini :), bukan karena sibuk, karena saya bukan orang sibuk :D, tapi memang lagi gak semangat aja ngetik, karena tugas kampus lagi banyak yang berhubungan dengan ngetik-mengetik, he..he..

Kebetulan kemarin dapat dapat tugas pelajaran Mikro Elektronika dari Pak Rahmadya, dosen untuk mata kuliah tersebut. Beliau memberikan tugas membuat rangkaian elektronik bebas, dengan program EWB (Electronics Workbench) yang tentunya berjalan di Windows saja, walaupun info yang saya dapat di linux bisa juga dijalankan dengan menggunakan emulator Wine.

Terpikir apakah dilinux tidak ada ya software serupa?? Eh ternyata ada :)

Yup, "tkgate" itu lah nama programmnya di linux.

Memang feature nya tidak sama persis, namun cukup lengkap untuk membuat sebuah rangkaian elektro sederhana. program ini sudah ada di repository milik ubuntu. jadi tinggal di install aja lewat console/terminal (bukan terminal bus ya..) maupun synaptic.

$ sudo apt-get install tkgate

Itu perintahnya kalau dari terminal (ingat bukan terminal bus atau angkot).

Inilah screen capture dari program tkgate :



Sebetulnya ada lagi satu program yang sejenis yaitu "pcb-gtk" cuma program tersebut lebih sederhana dan feature yang masih lebih sederhana. Kalau dibandingkan ya masih lebih lengkap tkgate.

Install nya juga sama bisa dari terminal maupun synaptic. Untuk yang mau coba dari terminal perintahnya sama seperti menginstall tkgate :

$ $ sudo apt-get install pcb-gtk

Inilah tampilan dari pcb-gtk :



Saya tidak bisa menjelaskan satu persatu cara menggunakannya (panjang bro..) jadi saya kasih saja link petunjuk pemakaiannya dari websitenya untuk tkgate, silahkan unduh disini


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantab !! Thanks sob sudah berbagi ilmu ...............................



bisnistiket.co.id