Rabu, 22 Juli 2009

Web Editor di Linux dengan Kompozer




Kebetulan ada kebutuhan untuk membuat web. Wah.. dah lama banget gak mainan web lagi. Karena sekarang dah full pakai linux (Ubuntu 8.04 LTS) maka nya saya memutuskan untuk menggunakan web editor yang paling sering saya gunakan, dan yang pastinya gratis :) yaitu "Kompozer".

Sebetulnya banyak sekali program web editor dilinux seperti bluefish, scream, dan lainnya. Namun saya sudah terbiasa dengan kompozer ini. Kelebihan dari kompozer adalah web editor berbasis GUI yang sudah mendukung mode grafis editor (WYSIWYG). Lain dengan sebagian editor web dilinux lainnya yang mana kita masih mengedit dari source code webnya.

Dengan Kompozer ini kita dapat membuat table maupun frame sesuai dengan yang kita inginkan dengan mudah, bahkan memasukan objek seperti gambar dan membuat link juga tingal klik saja. Program kompozer ini mirip sekali dengan Microsoft Frontpages milik Microsoft. Ya.. walau fiturenya masih sangat terbatas tetapi sangat membantu sekali terutama bagi pemula seperti saya ini :)

Untuk menginstall kompozer ini di ubuntu sangat mudah, bisa di install dari synaptic atau dari terminal console :

$ sudo apt-get install kompozer

Berikut capture dari program kompozer :



Dan ini untuk ketika mengedit source codenya :



Mari menggunakan program open source jika kita belum mampu untuk membeli license yang aslinya seperti saya :)


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: