Minggu, 01 Juni 2008

Turbo Pascal di Linux (Ubuntu)



Kebetulan mendapat tugas kampus untuk membuat program dengan bahasa pemrograman Pascal. Karena saya memakai Linux sebagai satu-satunya OS (Operating System) di notebook saya, maka saya hunting di google mengenai program pascal di linux.

Saya temukan beberapa diantaranya adalah Free Pascal Compiler, GNU Pascal compiler. Namun dari beberapa review yang saya temukan terkadang tidak sepenuhnya program pascal yang kita buat berjalan sempurna bila dijalankan atau di compile oleh kedua program tersebut.

Untuk itu saya mencoba menggunakan Turbo Pascal 7 dari Borland.

Langkah-langkah instalasinya sebagai berikut :

1. Download dan install dosbox dan wine terlebih dahulu di linux. Untuk keluarga debian seperti ubuntu tinggal jalan kan :
$ sudo apt-get install dosbox wine

2. Download program Turbo Pascal 7 dari sini

3. Install program turbo pascal (tp70.exe) dengan wine ke folder yang di inginkan. saya menaruhnya di /home/dony/dosbox/

4. Setelah dosbox berhasil di install maka akan muncul dimenu. jalan dosbox



5. Mounting folder dosbox tadi sebagai drive c:, caranya : mount c: /home/dony/dosbox



6. Masuk ke drive c: setelah mounting berhasil, tinggal ketik "c: lalu ENTER" untuk pindah ke drive C

7. Masuk kedalam direktori dimana pascal di install dan file tpx.exe berada :
c: cd tp/bin

8. Setelah masuk ke dalam direktori tp/bin, jalankan tpx.exe



9. Tinggal kita buat script pascal yang diinginkan



10. Selesai :)


Bagi anda yang masih kuliah dan masih belajar pemrograman pascal, tentunya tidak usah khawatir jika menggunakan Linux :). Saya mencoba semuanya berjalan dengan baik dan lancar untuk pemrograman dengan pascal tersebut.


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

3 komentar:

suwadi mengatakan...

pascalnya kok ga bisa di donlod...

Anonim mengatakan...

Knp gak pake FreePascal aja? Kalo sekedar generic pascal programming, gak ada bedanya kok dgn Turbo Pascal. Untuk IDE-nya, juga udah tersedia. Mau yg text-based kayak Turbo Pascal, ada. Mau yg GUI kayak Delphi, juga ada, yg ini namanya Lazarus. Cobain deh. :)

redcode mengatakan...

saya biasanya pake lazarus di ubuntu om