Friday, August 15, 2008

Rekomendasi Laptop / Notebook untuk Linux Desktop







Linux saat ini sudah banyak mendapatkan tempat di hati para pengguna Notebook atau Laptop. Berbagai alasan dikemukakan oleh para pengguna Linux ini. Mulai dari masalah klasik seperti lisensi sampai memang karena kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Linux. Bahkan ada yang beralih ke Linux karena memang sudah bosan dengan tampilan OS yang lama maupun karena sudah bosan sering-sering install ulang :)

Untuk itu disini saya mencoba memaparkan spesifikasi Laptop / Notebook yang sesuai dan sudah memiliki hardware yang memang sudah dikenali secara baik oleh linux Desktop saat ini. Disini saya tidak menyebutkan Merk nya, tapi Anda bisa mengenalinya dari spesifikasi hardwarenya. Ini saya tulis secara garis besar saja berdasarkan pengalaman saya sendiri :

1. Untuk Processor
Baik Intel dan AMD saat ini sudah dikenali dengan baik semua teknologi yang ada di Linux yang sedang poluler saat ini.

2. Untuk Chipshet Video
Semua chipshet video yang ada saat ini sudah bisa menjalankan linux dengan tampilan grafis standart. Untuk 3D minimal chipset nya adalah dari Intel. Mulai dari Intel945 sampai X1300. Chipset ini sudah langsung running 3D nya untuk menjalankan Compiz Fuzion di Linux.
Untuk menjalankan 3D yang lebih berat silahkan memilih chipset keluaran dari NVidia maupun dari ATi dan kalau bisa memory video nya dedicated (tidak share dari RAM). Kedua Chipset ini membutuhkan driver tersendiri di Linux.

3. Untuk Chipset Wifi
Disini Intel tetap jadi juara dalam pengenalan harware secara langsung di Linux. Untuk chipset lain seperti Broadcom maupun Atheros membutuhkan driver tersendiri juga di linux, bisa juga menggunakan ndiswrapper linux.

4. Harddisk.
Saya rasa hardisk sudah dikenali dengan baik oleh linux baik itu IDE maupun SATA.

5. Network Card
Semua chipset Network Card Laptop saat ini juga sudah dikenali dengan baik oleh linux.

6. Webcam / Camera
Ini yang masih agak sulit. Karena baru beberapa vendor saja yang mengelurkan driver untuk linux, itu juga instalasinya secara manual. Chipset Webcam yang sudah dapat berjalan di linux dengan driver tersendiri yang saya tahu baru milik Acer dan chipset microdia.

7. Modem Internal
Sebagian besar sudah dikenali oleh linux saat ini. Kalau yang tidak terdeteksi mungkin memang memerlukan driver khusus.

Secara garis besar itu saja yang dapat saya review mengenai spesifikasi laptop atau notebook yang baik untuk menjalankan Linux. Hal ini berbeda dengan UMPC saat ini yang memang sudah include OS Linux didalamnya, tentunya semua hardware sudah berjalan dengan baik.

Dari hasil surcey saya tetap Laptop dengan spesifikasi centrino dari Intel (chipset intel mulai dari motherboard, processor, wifi, video) merupakan pilihan yang tepat bila tidak mau repot dengan urusan driver di linux.


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

4 comments:

dani said...

setuju mas..

utk arsitektur kompi: (turunan2) debian, gentoo, fedora, opensuse lumayan mendukung berbagai tipe arsitektur

nvidia biasanya lbh friendly di linux

kadang hanya pengguna yg membatasi linux-nya mau diapain.. :)

referensi lain bs mencoba linux-laptop.net, linux.org/hardware/laptop.html, tuxmobil.org/mylaptops.html

laptopgarden said...

wah tutorial yang sangat bagus sekali!
selain kita bisa mencari speks laptop yang kita inginkan, kita bisa milih-milih distro linux yang pas buat kita!
Salut...

mosses said...

mas, aku pake acer aspire one aoa 150 kuat ga buat pake kompiz?

kalo netbook ku kaya gitu hardware2 nya udah kedeteksi dengan baik ga sih...?

Thanks ya buat jawabannya...

Anonymous said...

sy pakai Linux ubuntu 10.4 ... cool banget di portege m 500 ( laptop jadul ) mantaaab ... ga takut lagi kalo kena virus... lebih ringan, wush 2x.