Minggu, 26 April 2009

Review Ubuntu 9.04 code name "Jaunty Jackalope"




Just Sharing with new version of Ubuntu.

Dihari pertama peluncurannya yaitu tanggal 23 April 2009. Dimana saya sudah menunggu kemunculannya dan ingin mencoba feature baru yang di besar-besarkan sebelumnya yaitu kecepatan pada saat booting dan mencoba file system baru yaitu "ext4".

Setelah memandangi site ubuntu.com akhirnya download link nya resmi dibuka. Dan langsung saya mendownload iso file dari ubuntu 9.04. Setelah download selesai awalnya agak ragu juga untuk mencobanya, karena takut kecewa seperti ubuntu 8.10 lalu. Dimana banyak bug yang ditemukan di ubuntu 8.10.

Akhirnya saya tetap memutuskan untuk mencoba Ubuntu 9.04 ini, walaupun dengan berat hati karena memang sudah nyaman dengan ubuntu LTS version yaitu 8.04. Kebetulan saya mendownload dan mencoba versi Ubuntu 9.04 x64 (Ubuntu 9.04 64bit). Penasaran saja sih gimana rasanya pakai OS Linux yang 64 bit.

Oh iya sebelumnya ini sedikit gambaran hardware yang saya gunakan :
- Laptop Acer Aspire 2920, 12"
- Proc Core 2 Duo T7500 2,2GHz
- RAM 4GB DDR2
- HD 160GB
- VGA share Intel X3100 / i965GM
- DVD RW
- Cam 2MBpx
- Wifi Intel 4965AGN
- LAN Broadcom 1Gbps

Feature baru pada Ubuntu ini tidak begitu banyak berubah, hanya beberapa perubahan yang cukup mencolok adalah :
- Versi kernel yang baru - 2.6.28.11
- Gnome 2.26
- file system ext4
- Booting yang lebih cepat
- Versi software-software yang lebih baru.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat : http://www.ubuntu.com/getubuntu/releasenotes/904overview

Saya menginstall fresh dari instalasi baru, bagi yang ingin mengupgrade saja silahkan lihat disini. Dengan semua hardware diatas sudah dapat terdeteksi dengan baik semuanya, mulai dari wifi, lan, sound, vga, dan camera.

Saya penasaran dengan 3D untuk chipset VGA intel yang masih ada bugs pada ubuntu 8.10 masih terjadi apa tidak, ternyata sudah ada perbaikan walaupun masih tidak sebagus performance nya di ubuntu.8.04 :

$ glxgears
4382 frames in 5.0 seconds = 876.342 FPS
4369 frames in 5.0 seconds = 873.695 FPS
4213 frames in 5.0 seconds = 842.432 FPS

Di ubuntu 8.10 hanya 200an FPS dan di ubuntu 8.04 bisa mencapai 1000an FPS. Namun walaupun sudah ada peningkatan saya masih merasakan flicker pada menu-menu atau window di GUI nya.

Di site berikut dijelaskan untuk menigkatkan performance dari chipset intel 965 ini dengan cara :

$ sudo gedit /etc/X11/xorg.conf

Ubah menjadi seperti ini :

Section "Device"
Identifier "Configured Video Device"
Option "AccelMethod" "EXA"
Option "MigrationHeuristic" "greedy"
EndSection

Lebih jelas bisa lihat disini : http://www.ubuntu.com/getubuntu/releasenotes/904

Tapi menurut saya tidak bagitu banyak berpengaruh :), mudah-mudahan nanti ada update lagi dari pihak ubuntu agar performance nya bisa sama kembali seperti ubuntu 8.04.

Oh iya ternyata chipset intel 965 ini di ubuntu 9.04 dalam compiz fusion masuk dalah daftar hitam :), di back list secara default.

Jadi untuk mengaktifkan compiz fusion harus mengikuti cara berikut :

Di File: /usr/bin/compiz

Saya rubah dibaris
T="$T 8086:2a02 " # Intel GM965
to
#T="$T 8086:2a02 " # Intel GM965

Bug yang kedua, yaitu masih terjadi di program editor web, yaitu kompozer. Namun dapat diatasi dengan menginstall Kompozer versi 0.8.2a. Dimana versi aslinya dari ubuntu masih 7.10

Untuk mendownload Kompozer 0.8.2a silahkan download disini.

Untuk openoffice nya sudah versi 3.0.1, tapi saya masih merasa seperti versi 2.4 :) (masa masih ada quickstarter nya), akhirnya karena saya tidak puas, openoffice saya ganti dengan versi download langsung dari site openoffice.org. Saya rasa install openoffice langsung dari download dari site openofficenya lebih cepat dari pada bawaan ubuntu 9.04 nya.

Untuk email, karena saya pakai Kmail milik KDE, terasa lebih lambat dari Kmail milik Ubuntu 8.04. Mungkin karena KDE 4.2.2 yang baru dan tidak begitu berjalan singkron dengan Gnome nya.

Satu lagi bugs yang saya temukan, jika pertama kali masuk login ke ubuntu, jika kita membuka firefox duluan, maka openoffice tidak bisa dibuka, harus ditutup terlebih dahulu firefoxnya baru dibuka lagi openofficenya. Mungkin karena saya pakai openoffice bukan bawaanya kali ya :)

Oh iya karena saya pakai versi ubuntu 9.04 64bit, maka software diluar yang ada di repository harus cari juga yang versi 64bit nya :), atau kalau mau install dari source baru bisa.

Mungkin itu dulu sharing saya mengenai Ubuntu 9.04, nanti kalau ada yang lain saya tambahkan :)


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: