Kamis, 03 Januari 2008

Maksimalkan Handphone Anda...



Tentunya sudah banyak tulisan mengenai bagaimana cara memaksimalkan handphone sebelumnya. Disini saya tidak akan membahas secara teknis namun lebih cenderung hanya pembahasan sehari-hari.

Pertama saya ingin menanyakan apakah handphone anda sudah bisa digunakan untuk GPRS?

Jika iya jawabannya maka sudah bisa untuk menerapkan apa yang saya bahas.

Banyak sekali orang-orang berlomba untuk memiliki HP terbaru saat ini yang tentunya dengan fitur-fitur yang canggih. Bahkan pada saat peluncuran salah satu komunikator dari salah satu vendor HP di Indonesia begitu antusias menyambutnya.

Malahan sampai antri untuk mendapatkannya, saya pikir antrian tersebut mirip dengan orang mengantri karcis bis atau kereta pada saat lebaran. ironis bukan..

Padahal bangsa ini katanya masih banyak pengangguran dan kemiskinan. Namun pangsa pasar penjualan handphone tetap tinggi. Bahkan sampai-sampai salah satu vendor HP meluncurkan produk perdananya di Indonesia karena dinilai negara ini memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi.

Apakah dengan memiliki HP yang terbaru dan memiliki fitur canggih pemakaian dari setiap user sudah maksimal?? Saya masih meragukannya.

Fitur HP kelas menengah saat ini sudah mendukung untuk aplikasi seperti untuk browsing internet, email, multimedia, foto, video. Sedangkan kelas yang lebih tinggi dapat melakukan video call dengan teknologi 3G atau HSPDA dengan akses data kecepatan tinggi, dapat juga mengakses hotspot.

OK disini saya akan share untuk apa sih HP yang saya punya digunakan sehari-hari.

1. Telephone dan SMS.
Merupakan funsi utama dari sebuah HP untuk dapat berkomunikasi dengan suara dan pesan singkat.

2. Email.
Saya gunakan sehari-hari untuk mengecek email kantor ketika sedang tidak tugas agar selalu up to date. Saya menggunakan mail client dari HP saya dan juga aplikasi tambahan dari google mail, dimana saya forward semua email ke gmail.

3. Browsing Internet.
Untuk berselancar di dunia maya, saya menggunakan browser bawaan HP dan aplikasi web browser tambahan.

4. Chatting
Untuk berkomunikasi dengan teman dan rekan kerja saat kita tidak dikantor.

5. Multimedia
Mendengarkan musik dan menonton film yang sudah di convert sehingga bisa ditonton dimana saja.

6. Data storage
Dengan memory 2Gb sudah cukup untuk menyimpan file-file penting harus bisa diakses mobile.

7. Document Processing
Mengolah file-file yang ada untuk dapat diedit sesuai keperluan, misal file MS Office.

8. Organizer
Reminder terhadap kegiatan sehari-hari dan event-event penting.

Untuk Data seperti email, chatting, dan browsing koneksi menggunakan 3G bila sedang dalam jangkauan 3G, bila tidak terpaksa menggunakan GPRS.

Memang semua tidak mutlak harus ada ada di HP kita, tapi setidaknya pasti kita tahu feature yang ada didalamnya, so.. Lets explore your handphone now...

Apalagi sekarang sudah ada layanan blackberry dan push mail yang tidak harus berlanggan seperti produk I-Memova dari IndosatM2. Sehingga access email sudah bisa dimana saja dan kapan saja.


(Write in Nokia E61 and edited by Openoffice 2.3.1 on Debian Etch 4.0r2)

Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: