Kamis, 26 Januari 2017

Problem SSH Client di macOS Sierra



Kali ini saya mendapatkan masalah ketika saya akan melakukan ssh ke server solaris saya, dimana ketika saya mencoba melakukan ssh client, saya mendapat error sebagai berikut 

“Unable to negotiate with 10.10.10.1 port 22: no matching key exchange method found. Their offer: diffie-hellman-group1-sha1”.

Padahal sebelumnya saya normal-normal saja melakukan ssh ke server ini, ternyata ini karena ini karena macOS Sierra sudah menggunakan openssh versi 7 dan dimana ada beberapa (legacy) encryption algorithm yang sudah diremove dari versi 7 ini sehingga tidak kompatibel lagi dengan ssh versi lama :

Versi ssh saya di macOS Sierra :

$ sshd -v
sshd: illegal option -- v
OpenSSH_7.3p1, LibreSSL 2.4.1

Versi ssh di target server :

# ssh -V
SSH Version Sun_SSH_1.0.1, protocol versions 1.5/2.0.

Untuk itu, cara agar tetap bisa melakukan ssh ke versi lama adalah sebagai berikut perintah nya :

$ ssh -o KexAlgorithms=+diffie-hellman-group1-sha1 user@10.10.10.1

atau 

$ ssh -p22 -o KexAlgorithms=+diffie-hellman-group1-sha1 user@10.10.10.1

Dari beberapa kasus juga memerlukan kombinasi tambahan untuk multiple encryption algorithm nya, jadi perintah ssh nya seperti ini :

$ ssh -p22 -o KexAlgorithms=+diffie-hellman-group1-sha1 -o HostKeyAlgorithms=+ssh-dss user@10.10.10.1



Semoga bermanfaat untuk pembaca semua.

Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.net
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 40017

Tidak ada komentar: