Rabu, 28 September 2016

Mengatasi Masalah Kamera Pada macos Sierra



Setelah melakukan update ke macos sierra, saya mencoba facetime dan hasil nya camera laptop saya tidak bisa menampilkan gambar, dan hanya hitam blank saja pada kolom video nya, dimana seharusnya muncul gambar saya.





Saya coba dengan aplikasi photo booth juga sama, hanya blank hitam saja dan tidak muncul gambar saya



Saya curiga ini problem nya muncul setelah saya melakukan upgrade ke macos sierra dan bukan karena masalah hardware camera laptop nya. Saya mencoba mencari beberapa solusi yang diberikan yaitu dengan melakukan close paksa pada koneksi driver ke camera nya dengan perintah berikut :

$ sudo killall AppleCameraAssistant;sudo killall VDCAssistant

Kemudian saya restart macbook nya, kemudian sempat berhasil, namun ketika dicoba shutdown dan di UP kan lagi, muncul lagi masalah yang sama.

Kemudian saya mencari lagi alternatif solusi nya, ketemu yaitu dengan melakukan Reset SMC nya, caranya sebagai berikut :

1. Shutdown Macbook nya
2. Koneksi kan kabel power ke macbook
3  Tekan secara bersamaan tombol berikut ini : Tombol Shift kiri + Control + Option dan tombol power
4. Lepaskan semua tombol yang di tekan.
5. Tekan lagi tombol power untuk menghidupkan macbook nya.

Kemudian saya coba lagi membuka aplikasi facetime dan photo booth, dan akhirnya camera saya bisa menampilkan gambar lagi. Kemudian saya coba restart dan shutdown lagi untuk memastikan bahwa problem nya sudah solved, dan ternyata benar sudah tidak masalah lagi pada camera internal macbook saya.

Referensi :
http://www.appleuser.it/fix-soluzione-camera-facetime-non-presente-non-collegata/

Semoga bermanfaat untuk pembaca semua.

Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.net
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 40017

1 komentar: