Senin, 08 Juli 2013

Problem Forwarding Email dari MS Outlook ke Thunderbird



Terkadang saya menemui problem pada user dimana ketika sender menggunakan MS Outlook melakukan forwading email dan ketika dibuka dari Thunderbird maka email hasil forward tadi berubah menjadi attachment file ber extension .dat (jadi winmail.dat atau file .dat yang lain).

Penjelasannya tentang case ini adalah :

Mail client Microsoft Outlook kadang mengirim e-mail dengan menggunakan metode Transport Neutral Encapsulation Format (TNEF). Kebanyakan program e-mail lainnya, termasuk Thunderbird, tidak mengerti format TNEF ini. Biasanya di thunderbird jika mendapat email dari format TNEF ini isinya bukan e-mail dan / atau lampiran yang dapat terbaca dengan baik, namun Anda hanya dapat melihat lampiran bernama "winmail.dat" atau kadang-kadang Anda mungkin menerima lampiran TNEF dengan nama file seperti ATT00008.dat atau ATT00005.eml.

Mengidentifikasi lampiran TNEF

Sementara hampir semua lampiran bernama "winmail.dat" pada email adalah format TNEF, Untuk memverifikasi apakah Anda telah menerima lampiran TNEF dengan cara sorot pesan tersebut dan klik "View" -> "Source Message". Carilah di mana lampiran dimulai, terlihat sesuatu seperti berikut (ini adalah "header MIME" nya) :

--------------050804030404070201030211
Content-Type: application/ms-tnef;
 name="winmail.dat"
Content-Transfer-Encoding: base64

Jika Anda melihat "Content-Type: application / ms-tnef" maka itu adalah lampiran TNEF. Jika Anda melihat lain "Content-Type", maka kemungkinan sesuatu yang lain.

Nah solusinya bagi pengguna mail client thunderbird tersebut agar dapat membaca hasil email forward dari MS Outlook adalah dengan melakukan instalasi addon tambahan pada Thunderbird nya, yaitu addon "LookOut".

LookOut bisa di install di : https://addons.mozilla.org/en-us/thunderbird/addon/lookout/eula/133484?src=dp-btn-primary

Atau ada juga beberapa addon lain nya, seperti : 

Online converter
  • Fentun Win9X, NT, Win2K and WinXP
  • TNEF Linux (may be available in your distribution's repository)

Bisa juga dengan mematikan TNEF nya pada MS Outlook

Pengirim dapat mengirim lampiran yang bukan format TNEF oleh dengan mematikan /  disable TNEF di MS Outlook. Ketika MS Outlook dikonfigurasi untuk mengirim e-mail dalam "Outlook Rich Text Format", hal ini akan menggunakan TNEF. 

Ada dua cara untuk disable formay TNEF pada MS Outlook

Untuk MS Outlook 2002 (alias MS Outlook XP) dan MS Outlook 2003 :
- Pada menu bar, Pilih dan klik "Tools" menu, dan klik "Options", kemudian klik tab "Mail Format" , dan pilih "Internet Format" button.
- Kemudian Set "When sending Outlook Rich Text messages to Internet ..." ganti ke "Convert to HTML format" atau "Convert to Plain Text format".

Dalam semua versi Outlook yang lain, Anda dapat menonaktifkan TNEF dengan cara berikut :
- Pada menu bar, Pilih dan klik "Tools" menu, dan klik "Options", kemudian klik tab "Mail Format"
- Pada menu "Send in this message format" list, pilih dan klik "Plain Text" or "HTML", kemudian klik "OK".

Semoga bermanfaat juga untuk teman pembaca semua.

Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.net
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: